Advertisement

Main Ad

TOP 99 Manfaat Kandungan Zat Gizi Ikan Gabus Bagi Kesehatan


Hasil Tangkapan Ikan Gabus di Danau (1) (By: @Mayritha79)
       Ikan Gabus (Channa Striata) merupakan ikan yang hidup di air tawar yang memiliki banyak kelebihan dan manfaat di dalamnya ikan ini juga termasuk kedalam ikan predator.  Dalam bahasa Inggris ikan gabus dikenal dengan nama snakehead dan di Indonesia sendiri kan ini memiliki banyak panggilan di antaranya
Aruan, Haruan, dan Bocak dari Riau.

       Ikan ini ditemukan di danau tonlesap yang berada di Kamboja ikan gabus ini telah tersebar di penjuru dunia bisa didapati di Danau, Rawa, Sungai dan Sawah-sawah. Ikan ini dapat bertahan lama di daratan karena ikan ini memiliki organ labirin.

      Ikan gabus dikenal dengan ikan yang sangat liar ikan ini dapat memangsa ikan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya Karena itulah pemeliharaan ikan ini tidak dapat dicampur dengan jenis ikan yang lain karena akan sangat merugikan.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Gabus


KINGDOM  :  Animalia
DIVISI       :  Chordata
CLASS        :  Actinopterygii
ORDO        :  Perciformes
FAMILI      :  Channidae
GENUS      :  Channa
SPESIES    :  C. Striata


Asal-muasal Ikan Gabus (SEJARAH)

 

Hasil Tangkapan Mancing Ikan Gabus (2) (By: @Pertamax7)

      Ikan gabus ditemukan di negara Kamboja tepatnya di danau tonlesap sekitar abad ke-17 ikan gabus dan kerabatnya termasuk hewan dunia lama yakini dari Asia (Genus Channa) dan Afrika (Genus Paeachanna). Penyebarannya sendiri dimulai dari Pakistan di barat, Nepal bagian Selatan, kebanyakan wilayah di India Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok bagian Selatan dan sebagian besar wilayah di Asia Tenggara termasuk Indonesia. ( Wikipedia, 2016 : 1)

     Di Indonesia sendiri ikan ini sudah menyebar di berbagai wilayah nusantara penyebarannya paling banyak di pulau Sumatera karena ikan ini senang sekali tinggal di daerah rawa-rawa sungai danau dan perairan sawah.


Ciri-ciri Karakteristik Ikan Gabus

Struktur Ikan Gabus Segar (3) (By: @Ketumbar_sahang)


  • Kepala besar dan gepeng 
  • Kepala menyerupai kepala ular 
  • Sisik besar di bagian kepala atas 
  • Tubuh bulat giling 
  • Sirip punggung memanjang 
  • Sirip ekor membulat 
  • Corak badan Striata 
  • Sisi bawah tubuh berwarna putih 
  • Mulut besar 
  • Rahang lebar 
  • Gigi-gigi tajam 
  • Panjang badan mencapai ± 100cm 
  • Lebar badan mencapai ± 30 cm 
  • Berat badan mencapai > 5 kg.

Kandungan Zat Gizi Ikan Gabus Segar



Zat Gizi
/100gr(Mg)
Kalori
74 kkal
Protein
25,5 gr
Lemak
1,7 gr
Kalsium (Ca)
62 Mg
Fosfor (P)
176 Mg
Zat Besi (Fe)
0,9 Mg
Vitamin A
150 Mg
Vitamin B1
0,04 Mg
Vitamin C
0  Mg
Bjdd
64 gr
Air
69 gr

Sumber : Ahmad Sediaoetama, Ilmu Gizi, 1987


Manfaat kandungan ikan gabus


1. Membantu pembentukan otot
     Kandungan protein yang sangat tinggi di dalam ikan gabus akan sangat membantu untuk merangsang jaringan otot di dalam proses pembentukan otot pada tubuh.
2. Mempercepat penyembuhan luka 
     Jika di tubuh manusia terdapat luka yang baru. Ikan gabus akan sangat membantu dalam memperbaiki sel-sel yang rusak karena di dalam ikan gabus terdapat Albumin dalam kadar yang tinggi. Albumin sendiri memiliki protein yang membantu dalam proses penyembuhan luka pada tubuh manusia.
3. Menjaga keseimbangan cairan
      Di dalam ikan gabus mengandung air 69 gram per 100 gram sayatan ikan gabus ini merupakan nilai yang sangat tinggi untuk menjaga kestabilan cairan di dalam tubuh manusia. 
4. Memperbaiki gizi buruk 
    Kandungan protein di dalam ikan gabus dapat membantu pertumbuhan gigi pada anak karena kandungan protein di ikan gabus lebih besar daripada jenis ikan tawar lainnya. 
5. Mempercepat penyembuhan luka operasi 
     Setelah operasi penyakit dalam atau bekas Caesar pasti ada bekas luka sayatan yang masih baru. Nah, luka itu dapat disembuhkan dengan memakan ikan gabus karena ikan gabus memiliki kandungan Albumin yang sangat tinggi untuk mempercepat pengeringan luka. 
6. Mengatasi pembengkakan di tubuh 
      Sifat Albumin ikan gabus sangat tinggi akan manfaat Albumin nya ini dapat membantu proses mengatasi pembengkakan di tubuh, jadi, akan amat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit pembengkakan tubuh. 
7. Meningkatkan sistem imunitas tubuh 
     Dengan mengkonsumsi ikan gabus secara rutin akan sangat membantu dalam mempertahankan daya tahan tubuh dari berbagai radikal bebas yang menyerang kekebalan tubuh manusia.


       Ikan gabus memang memiliki banyak kasiat bagi tubuh. ikan gabus juga banyak sekali manfaat nya jadi tidak heran lagi kalau ikan ini banyak dicari orang. Apalagi di daerah perkotaan ikan ini sudah jarang/ langha ditemukan. karena permintaan ikan gabusyang tinggi dan langka jadi wajar saja kalo ikan ini harganya mahal.

Baca juga:


       Sekian manfaat ikan gabus yang dapat saya berikan semoga dapat bermanfaat bagi pembacanya dan bermanfaat bagi kta semua. apabila ada salah salah kata atau pun penulisan saya mohon maaf. 
Sekian dan Trimakasi! 




Refrensi :
  • (Indonesia) Ikan Gabus, artikel pada Wikipedia, diakses 20/6/16.
  • Sediaoetama, Achmad Djaeni. 1987. Ilmu Gizi Jilid I. Jakarta: Dian Rakyat.

 


Posting Komentar

0 Komentar